Pages

Tuesday, September 13, 2016

Semua Sudah Diatur

Pernah berpikir
"Ih enak banget jadi dia, bla bla bla"
"Ih ngapain ya dia gitu, kalau gw jadi dia sih gw bla bla bla"
"Buat gw sih begini aja cukup, ga kepengen tuh a b c d e kaya yang orang orang kejar"

Hahah...
Daan sebenarnya pada intinya memang semuaaaanya sudah diatur oleh Allah, Allah sudah mengatur kurikulum pendidikan di dunia. Tugas kita ya menjalankan peran kita dengan sebaik baiknya...

Klo ada orang keliatan ribet ya itu emang ujian dia, bagusnya jangan diomongin tp bantu kalau bisa, klo ga bisa bantu ya didoain aja...

kalau yang keliatan santai ya ujiannya beda lagi...

Ga ada yang nyuruh menjadi orang lain kok 😂.

Ya emang sih manusia itu makhluk lucu 😅, saya juga manusia sih... Bukan jin 😁

Wednesday, August 24, 2016

Mari Mengaji Ayat: Al Fatihah Ayat 2

Oleh: Rosa Ariani Sukamto

Alhamdulillahirobbilalamin

All praise is due to Allah, Lord of the world

Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.

ayat ini mengajarkan kepada manusia sebuah sifat dasar hamba yg wajib dilatih dan dimiliki sebagai hamba.... yaitu tawadhu. Tawadhu adalah sifat merendahkan ruh dihadapan Tuhannya. Dimana makna Tuhan... adalah yg menjadi alasan utama ruh kita mengendalikan jasad untuk berbuat. Dalam telaah ada byk Tuhan dari manusia namun Tuhan yg sesungguhnya hanya satu. Apakah misal tuhan tuhan itu, keinginan diri akan dunia, orang orang yg dikasihi atau ditakuti, harta dunia, kebanggaan diri, perasaan merasa benar sendiri (melampaui batas kalimat bahwa kebenaran hanya milik Allah) dan lain sebagainya.

Maka ruh yg benar-benar menjadi hamba Allah adalah ruh yg menjadikan ridho Allah sebagai alasan utama segala perbuatan yg dilakukannya. Inilah niat yg lurus.

Maka apapun yg ada di dunia ini akan membuat ruh kita memujiNya terlebih dahulu baru kemudian lainnya.

Allah membuat klaim dalam ayat ini....bahwa segala pujian hanya milikNya dan segala alam ini adalah milikNya..... tak ada satupun milik manusia... hal ini untuk menyatakan kebesaranNya dan menjelaskan bahwa manusia adalah hamba dan Allah adalah pemiliknya....

manusia yg tawadhu akan merasa tak memiliki apapun, bahkan jiwa dan hidup ini milikNya.... maka akan berlatih untuk menjadi hambaNya...

ayat ini jg mengajarkan pada manusia untuk bersyukur dgn selalu memujiNya... karena byk hal telah ditataNya untuk kita. Bahkan segala kemungkinan kejadian hidup kita sudah ada di lauh mahfuz.... kita yg memilih jalan berdasarkan hikmah (ilmu dan kebijaksanaan) dan dari byk pilihan jalan selalu ada pilihan jalan menuju khusnul khotimah (akhirnya baik) asalkan manusia bersabar (salah satu syarat utama Allah berkenan bersama manusia). Apa makna sabar.... sabar adalah ikhtiar (mengusahakan yg terbaik yg kita mampu) dan tawakkal (tdk mengambil apa yg menjadi hak Allah). Salah satu hak Allah adalah hasil dari ikhtiar. Sering orang bertanya... bagaimana bisa ikhtiar jika tdk berpikir hasil.... bisa saja.... tujuannya hanya ridho Allah... perkenanan Allah... dan keyakinan bahwa Allah dgn kasihNya dan kepandaianNya akan memberi yg terbaik. Hanya ingin menjadi baik di mata Allah, tdk neko neko.... seperti halnya orang yg berkorban tanpa minta imbalan.... bahasanya.... berbuat baik itu seperti membuang kotoran... tdk lg kita cari cari apa yg kita buang (kotoran).

Maka manusia akan mulai tdk bahagia ketika memulai sesuatu tanpa menuruti panduanNya... yaitu bersyukur....

Kita bisa mencoba, mengawali hari dgn keluh kesah, keinginan diri yg memaksakan, mencoba menentukan hasil ikhtiar yg menjadi hak Allah.... maka disitulah hidup kita pun tak bahagia.... karena tdk sesuai dgn panduan pembuatNya.

Maka yg Allah inginkan adalah membuat manusia berbahagia berdasarkan panduanNya di dalam Al Qur'an.

Tuesday, August 23, 2016

Mari Mengaji Ayat: Al Fatihah Ayat 1

Oleh: Rosa Ariani Sukamto

Bismillahirrahmanirrahim

in the name of Allah, The Entirely Merciful, The, The Especially Merciful.

Other Translate said:

In the name of Allah, The Most Merciful and The Most Compassionate.

Umat islam membaca kalimat ini disetiap 113 surat Al Qur'an. Hal ini berarti.... betapa kepada manusia Allah ingin menekankan kalimat ini untuk ruh kita yakini dan pahami.

Allah adalah zat pemilik rasa kasih yg paling tinggi. Berdasarkan rasa kasih itu.... Allah ingin membaginya... maka dibuatlah makhlukNya... untuk membagi dan merasakan kasihNya... itulah mengapa Allah menciptakan makhluk.

Karena rasa kasih itu... Allah menciptakan alam semesta dan segala isinya beserta regulasinya... agar makhluk makhluk yg disayangiNya ini tdk terlantar.... ditata sebagaimana rupa dgn sangat apik agar makhlukNya berbahagia.... bahagia yg hakiki....

Allah menciptakan alam semesta dalam waktu 6 hari (ada yg mengatakan 7 hari) (perbedaan hanya karena manusia berusaha memahami, karena kebenaran hanya milik Allah, tugas kita memahami makna hakikatnya 😊). Allah ingin mengajarkan kepada makhlukNya... apa makna sabar... apa makna proses... terutama proses belajar.... walau Allah mampu membuatnya dalam satu kali "kedipan" namun Allah ingin mencontohkan... wahai makhlukKu... Akupun bersabar... Aku menghargai proses...

Jika Aku melakukanya... maka Aku berharap engkau jg melakukannya, wahai makhlukku.

Kasih Allah jg diberikan dgn memberi rumah hakiki yg sangat indah yaitu surga....

namun Allah tdk ingin surga menjadi rusak karena kurangnya ilmu manusia.... itulah mengapa ruh ruh kita dikirim ke bumi dan diberi bekal jasad untuk belajar.... untuk belajar... karena dgn kasihNya... kita manusia dibekali kemampuan belajar....

dalam bahasa inggris dikatakan... The Entirely Merciful.... yg bermakna... maafNya dan sabarNya... jauh melampaui ketegasanNya.... dibuktikan dgn hanya satu surat tanpa diawali Bismillah di Qur'an dibandingkan 113 surat lainnya.

Maka Allah memberikan mekanisme taubat... dan yg dilihat adalah khusnul khotimah (akhirnya baik) .... untuk membagi betapa kasih Allah pada makhlukNya.

Maka jika ruh kita iqro (membaca menghayati) ayat ini... kita tdk akan pernah merasa khawatir.... karena bagaimana mungkin.... Sang Maha Pemilik Kasih akan membuat kita terlantar dan tersesat tak tahu jalan....

Maka tanda ruh yg iqro ayat ini adalah... tdk pernah merasa khawatir.... karena Sang Maha Pemilik Kasih selalu bersamanya.... asal ruh kita kaffah (total) menghamba padaNya 😊.

Monday, June 27, 2016

Pelajaran Hari Ini

Abis ngalamin sesuatu....

Tp sy jadi agak paham kadang kita bisa benci sama orang karna ke geeran ngerasa dizolimi...

Padahal ga bisa gitu juga ya, karna pertemuan kita dengan orang itu dan apa yang terjadi pada kita melalui orang itu pasti ada hikmahnya dan tentu saja salah satu cara Allah mendidik kita...semacam kata kata yang bilang semua orang bisa jadi guru yang baik bahkan orang berkelakuan buruk sekalipun.

Dan memang ga ada urusan ngitungin dosa orang, ituh urusan dia sama Allah

Tadi saya sempat sakit hati 😅😅😅 bersumpah serapah dalam hati... Lalu ntah kenapa jd teringat kemudian istigfar

Jadi apa hikmahnya?

- Bahwa adab sebelum ilmu itu penting... Akan sangat berbahaya apabila jadi orang berilmu tapi tidak beradab

- Mulutmu harimaumu, berhati hatilah dalam berbicara jangan sampai membuat orang lain sakit hati. Selain bikin orang sakit hati itu dosa, kita juga ga tau sampai kapan orang akan tahan terhadap omongan kita yang tidak baik. Ternyata ngomong itu butuh kesadaran penuh ya

- Berprasangka baik itu ga mudah, tapi sepertinya kita harus selalu berusaha. Kebayang ga kita udah merendahkan orang lain karna prasangka yang salah atas dasar sotoy, padahal kenyataannya tidak seperti itu. MALU

- Di 'gojlok' sama Allah itu ternyata benar benar karna Allah sangat sayang pada hambanya. Alhamdulillah :)

- Ketemu orang yang menguji kesabaran adalah 'blessing'... Ingat itu biar otomatis langsung cari hikmah :)

Alhamdulillah ketulis
Kayanya selanjutnya saya akan tulis tulis kalau ada pengalaman yang membuat saya belajar :) kali ada gunanya buat yang baca, tapi setidaknya catatan untuk saya sendiri

Sekian dan terima kasih

Wednesday, February 17, 2016

Day 33: Joey Alexander

Keren!

Masih 12 tahun, bakatnya sudah diakui dunia...

Ada seorang teman menganalisa, anak ini keren banget karna udah nemu passion dan tau dimana dia harus bekerja keras!

Lalu selintas teringat bukunya Pak Bukik, bahwa bakat adalah minat yang diasah sampai mendapatkan pengakuan dari society.

And yess, makin ngerasa Joey ini kereeeeeeeen! Bagaimanapun caranya dia nemu passionnya di usia yang masiiih muda. Ga gampang kayanya, gw aja dah tua gini passionnya ga nyampe bikin segitu kerja kerasnya 😅

Saya akui ini Prodigy!

Dan dia Humble

Dan saya kesepet
Dia sebut 3 kata jleb jleb buat saya
HOPE . HARD WORK . NEVER GIVE UP

(Secara baru aja kemaren pengen give up , halaah cemen)

Videonya bisa liat di sini

Day 32 : Depresi kurang iman?

Apakah terjadinya depresi itu karena kurang iman?

No, itu sakit
Sakit mental
Ada dokternya, artinya memang ada ilmu yang mempelajaribtentang itu dan dapat memperbaiki keadaannya

Sama kaya sakit fisik seperti flu, patah tulang, kaligaya, tumor, kanker, dsb

So Please kalau nemu orang yang keliatannya depresi, jangan coba di judge, digurui dsb,

tapi lebih ditemenin, ditanya 'are you okay' dsb

Mau tau lebih lanjut bisa lihat video singkatnya di sini (jangan lupa join dulu fb grup Pasien Cerdas Indonesia)

Ada juga blog seseorang yang pernah mengalami depresi, dia seorang dokter sehingga dia aware kalau dia depresi. Blognya ada di sini

Monday, February 15, 2016

Day 31: Bertahan Sampai Akhir

Ketika rasanya ingin berhenti
Coba dipikirkan batas akhirnya
Dan cobalah bertahan setidaknya sampai disitu

Ketika rasanya kita tidak kuat lagi
Cobalah bertahan sedikit lagi
Biarlah faktor luar yang menghentikan kita, bukan dari dalam kita

Karena Allah tidak mungkin memberi sesuatu yang hambanya tidak sanggup untuk memikulnya

Dan apa yang sampai saat ini saya dapat?
Bahwa Allah itu satu satunya yang dapat diandalkan, satu satunya yang paling mengerti kita, dan satu satunya yang paling mudah dicari. Satu satunya yang akan memberikan yang terbaik pada kita

🍉🍉🍉
SemangkA
Semangat karena Allah :)

Monday, February 08, 2016

Day 26 : Sepotong Hikmah Sekolah yang Mandek

Itu judul nampak madesuuuu...
Tapi sebenernya banyak banget hikmahnya

Daan sebenarnya juga banyak bangeeeet yang sudah saya dapat, yaa kecuali gelar 😂

Salah satu hikmah terbesar saya adalah... Saya benar benar sepenuhnya percaya bahwa sesuatu itu terjadi karena ijin Allah.

Ahh klise, semua orang juga tau... Ya mungkin orang lain, kalau saya baru aja ngerasain....

Dari kecil sampai s2 kehidupan akademik saya bisa dibilang lancar, sejelek2nya pas SD dan SMA itu juga masih lumayan. Selama ini saya selalu yakin kalau akan melakukan sesuatu itu akan berhasil baik, dan baiklah hasilnya...

Tapi di S3 ini?
Helloow...

Setiap kali mikir 'bentar lagi gw beres' ada aja kejadian yang ga mendukung.... Ada 3 tempat yang ingin saya gunakan GC nya, dan RUSAK tepaaat saat saya ingin menggunakannya.... Yang pertama rusak saat sampel pertama saya mau diinjeksi tiba2 aja MS nya rusak... Yg kedua dan ketiga rusak tepat pas udah saya datengin dan udah dapet ijin untuk memakainya....

Hahah kebetulan kah? Masa iya kebetulan bisa 3 tempat berturut2?

Apes?No!
S3 inilah juga yang bikin saya percaya bahwa semua yang Allah kasih itu adalah yang paling baik. Saya merasa S3 inilah saya lebih dekat dengan Allah (Lebih dekat loh ya, blom tentu lbh baik dari yang lain, tp yang jelas saya skrg merasa lebih dekat yaaah walau ibadah masih begitu2 aja, Ampuni saya ya Allah)

Dulu saya ambisius
Sekarang lebih tenang

Dulu mungkin saya ngerasa sok pintar
Sekarang kehilangan percaya diri 😂, tapi mungkin itu lebih baik, pintu penerimaan saya mungkin malah lebih besar, lebih bisa untuk mendengar dan belajar.

Dulu saya yakin pada diri sendiri
Sekarang udah merasakan yang namanya segala sesuatu itu atas ijin Allah

Perjalanan spiritualnya sungguh sesuatu
Tapi klo ibadah masih gitu gitu aja
Heuheu... Semoga Allah mengijinkan saya menjadi manusia yang lebih baik

Amin

Tambahan:
Saya juga beruntung punya pormotor promotor shaleh, punya pemikiran dalam akan makna hidup dan pengabdian sebagai makhluk tuhan